ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK NORMAL



A.       Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, berarti bertambahannya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengansatuan  panjang dan berat (Kementrian Kesehatan RI, 2012 : 4).

1.      Pertumbuhan Berat Badan
    Kwartal I pertambahan berat badan ± 700-800 gram perbulan
    Kwartal II pertambahan berat badan ± 600 gram perbulan
    Kwartal III pertambahan berat badan ± 400 gram perbulan
    Kwartal IV pertambahan berat badan ± 300 gram perbulan Formula
Menghitung Berat Badan =  8+2n Kg   ( n = umur dalam tahun )

2.    Pertumbuhan Tinggi Badan
    Umur 1 tahun tinggi badan = 1,5 × panjang waktu lahir
    Umur 4 tahun tinggi badan = 2 × panjang waktu lahir
    Umur 6 tahun tinggi badan = 1,5 × tinggi umur 1 tahun
    Umur 13 tahun tinggi badan = 3 × tinggi waktu lahir
Formula menghitung Tinggi Badan = 80 + 5n cm ( n = umur dalam tahun )

3.             Pertumbuhan Lingkar Kepala
    Pada triwulan I bertambah 2 cm perbulan
    Pada triwulan II bertambah 1 cm perbulan
    Pada triwulan III bertambah 2 cm ( selama triwulan III )
    Pada triwulan IV bertambah 1 cm ( selama triwulan IV)
    Umur 1 tahun lingkar kepala bayi ± 46 cm
    Umur 4 tahun lingkar kepala bayi ± 50 cm
    Umur 10 tahun lingkar kepala bayi ± 52 cm
    Umur 15 tahun lingkar kepala ± 54 cm
  Manusia Dewasa lingkar kepala ± 54-56 cm

2.      Perkembangan
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi seluruh tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.(Kementrian Kesehatan RI, 2012 : 4).
Aspek-aspek perkembangan anak yang dipantau (Kementrian Kesehatan RI, 2012:7) antara lain ;
1.      Gerak Kasar atau motorik kasar, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, dan sebagainya.
2.      Gerak Halus atau motorik halusadalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengamati sesuatu, menjimpit, menulis dan sebagainya.
3.      Kemampuan bicara atau bahasa, adalah aspek yang berhubungan dengan memberikan respons terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah dan sebagainya.
4.      Sosialisasi dan kemandirian, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak (makan sendiri, membereskan mainan selesai bermain), berpisah dengan ibu/ pengasuh anak, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya.
TABEL PERKEMBANGAN ANAK NORMAL
USIA
GERAKAN KASAR
GERAKAN HALUS
BICARA
SOSIALISASI

4 bln
Mampu menunpu dengan kedua lengan dan berusaha mengangkat kepala
Mampu bermain dengan kedua tangannya
Mampu mendengarkan kertas diremas dan bermain bibir sambil mengeluarkan air liur
Mampu tersenyum kepada ibunya.
8 bln
Mampu duduk sendiri kemudian mengambil posisi ongkong-ongkong dan bertahan sebentar.
Mampu menggenggam balok mainan dengan seluruh permukaan tangan
Mampu mengeluarkan suara ma...ma..., ta...ta..., da...da...
Mampu bermain ciluk ba
12 bln
Mampu berdiri sendiri dan berjalan sambil berpegangan
Mampu mengambil benda kecil dengan ujung ibu jari dan dan jari telunjuk
Mampu mengucapkan satu kata atau lebih dan tahu artinya.
Mampu memberikan mainan pada ibu atau bapak.





18 bln
Mampu berlari tanpa jatuh
Mampu menyusun 3 balok mainan
Mampu mengucapkan 10 kata atau lebih dan tahu artinya
Mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
24 bln
Mampu melompat dengan 2 kaki sekalipun
Mampu membuka botol dengan memutar tutupnya
Mampu menjawab dengan kalimat, 2 kata.
Mampu meniru kegiatan orang dewasa.
36 bln
Mampu turun tangga dengan kaki bergantian tanpa berpegangan
Mampu meniru, garis tegak, garis datar, dan lingkaran
Mampu bertanya dengan memakai kata apa, siapa, di mana?
Mampu bermain bersama dengan temannya.
48 bln
Mampu melompat dengan 1 kaki di tempat
Mampu memegang pensil dengan ujung jari
Mampu menggunakan kalimat lengkap (lebih dari dua kata)
Mampu bermain bersama teman dengan satu permainan.
60 bln
Mampu melompat dengan satu kaki ke arah depan
Mampu meniru tanda (tambah), (kotak)
Mampu bercerita dan bermakna
Mampu bermain dengan bersama teman dengan mengikuti urutan permainan.
  

Referensi :

__________, Pedoman Pelaksanaan : Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini kembang anak ditingkat pelayanan kesehatan dasar, Kementrian Kesehatan RI. 2012



  



Comments

Popular posts from this blog

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Anak dengan hambatan Intelektual