ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK NORMAL
A. Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta
jaringan interseluler, berarti bertambahannya ukuran fisik dan struktur tubuh
sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengansatuan panjang dan
berat (Kementrian Kesehatan RI, 2012 : 4).
1. Pertumbuhan Berat Badan
Kwartal I pertambahan berat badan ±
700-800 gram perbulan
Kwartal II pertambahan berat badan ± 600
gram perbulan
Kwartal III pertambahan berat badan ± 400
gram perbulan
Kwartal IV pertambahan berat badan ± 300
gram perbulan Formula
Menghitung Berat Badan = 8+2n Kg
( n = umur dalam tahun )
2. Pertumbuhan Tinggi Badan
Umur 1 tahun tinggi badan = 1,5 × panjang
waktu lahir
Umur 4 tahun tinggi badan = 2 × panjang
waktu lahir
Umur 6 tahun tinggi badan = 1,5 × tinggi
umur 1 tahun
Umur 13 tahun tinggi badan = 3 × tinggi
waktu lahir
Formula menghitung Tinggi Badan = 80 + 5n cm ( n
= umur dalam tahun )
3. Pertumbuhan
Lingkar Kepala
Pada triwulan I bertambah 2 cm perbulan
Pada triwulan II bertambah 1 cm perbulan
Pada triwulan III bertambah 2 cm ( selama
triwulan III )
Pada triwulan IV bertambah 1 cm ( selama
triwulan IV)
Umur 1 tahun lingkar kepala bayi ± 46 cm
Umur 4 tahun lingkar kepala bayi ± 50 cm
Umur 10 tahun lingkar kepala bayi ± 52 cm
Umur 15 tahun lingkar kepala ± 54 cm
Manusia Dewasa lingkar kepala ± 54-56 cm
2.
Perkembangan
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi seluruh tubuh
yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa
serta sosialisasi dan kemandirian.(Kementrian Kesehatan RI, 2012 : 4).
Aspek-aspek perkembangan anak yang dipantau (Kementrian Kesehatan RI,
2012:7) antara lain ;
1. Gerak Kasar atau
motorik kasar, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan
pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk,
berdiri, dan sebagainya.
2. Gerak Halus atau
motorik halus, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak
melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan
oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti
mengamati sesuatu, menjimpit, menulis dan sebagainya.
3. Kemampuan bicara atau
bahasa, adalah aspek yang berhubungan dengan memberikan respons terhadap suara,
berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah dan sebagainya.
4. Sosialisasi dan
kemandirian, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri
anak (makan sendiri, membereskan mainan selesai bermain), berpisah dengan ibu/
pengasuh anak, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan
sebagainya.
TABEL PERKEMBANGAN ANAK NORMAL
USIA
|
GERAKAN KASAR
|
GERAKAN HALUS
|
BICARA
|
SOSIALISASI
|
4 bln
|
Mampu menunpu dengan kedua lengan dan berusaha mengangkat kepala
|
Mampu bermain dengan kedua tangannya
|
Mampu mendengarkan kertas diremas dan bermain bibir sambil
mengeluarkan air liur
|
Mampu tersenyum kepada ibunya.
|
8 bln
|
Mampu duduk sendiri kemudian mengambil posisi ongkong-ongkong
dan bertahan sebentar.
|
Mampu menggenggam balok mainan dengan seluruh permukaan tangan
|
Mampu mengeluarkan suara ma...ma..., ta...ta..., da...da...
|
Mampu bermain ciluk ba
|
12 bln
|
Mampu berdiri sendiri dan berjalan sambil berpegangan
|
Mampu mengambil benda kecil dengan ujung ibu jari dan dan jari
telunjuk
|
Mampu mengucapkan satu kata atau lebih dan tahu artinya.
|
Mampu memberikan mainan pada ibu atau bapak.
|
|
|
|
|
|
18 bln
|
Mampu berlari tanpa jatuh
|
Mampu menyusun 3 balok mainan
|
Mampu mengucapkan 10 kata atau lebih dan tahu artinya
|
Mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
|
24 bln
|
Mampu melompat dengan 2 kaki sekalipun
|
Mampu membuka botol dengan memutar tutupnya
|
Mampu menjawab dengan kalimat, 2 kata.
|
Mampu meniru kegiatan orang dewasa.
|
36 bln
|
Mampu turun tangga dengan kaki bergantian tanpa berpegangan
|
Mampu meniru, garis tegak, garis datar, dan lingkaran
|
Mampu bertanya dengan memakai kata apa, siapa, di mana?
|
Mampu bermain bersama dengan temannya.
|
48 bln
|
Mampu melompat dengan 1 kaki di tempat
|
Mampu memegang pensil dengan ujung jari
|
Mampu menggunakan kalimat lengkap (lebih dari dua kata)
|
Mampu bermain bersama teman dengan satu permainan.
|
60 bln
|
Mampu melompat dengan satu kaki ke arah depan
|
Mampu meniru tanda + (tambah), □(kotak)
|
Mampu bercerita dan bermakna
|
Mampu bermain dengan bersama teman dengan mengikuti urutan
permainan.
|
Referensi :
__________, Pedoman Pelaksanaan : Stimulasi, Deteksi dan
Intervensi Dini kembang anak ditingkat pelayanan kesehatan dasar, Kementrian
Kesehatan RI. 2012
Comments
Post a Comment